BLOG ini hanyalah bualan-bualan semata, tidak berorientasi pada apapun. Mencoba Menulis hanyalah sebuah eksperimen seorang yang konyol untuk merepresentasikan otaknya yang kosong.

Rabu, 05 Desember 2007

THE TIELMAN BROTHER'S sejarah Rock n Roll Indonesia yang dilupakan bangsanya.

Ngefans sama The Beatles, Jimmy Hendrix, atau Rolling Stones! Sebuah hal yang wajar karena mereka-mereka itu memang musisi handal yang albumnya selalu dikenang sepanjang masa. Tapi jauh sebelum kejayaan mereka, Indonesia pernah mencatatkan sejarah mencetak band rock gokill pada akhir tahun 1960-an. Mereka bukan Koes Bersaudara ataupun Koesplus atau Pambers, mereka adalah The Tielman Brothers.
The Tielman Brothers adalah orang keturunan maluku yang besar Surabaya dan pindah ke Belanda untuk mengadu nasib. Mereka adalah kakak beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Pasangan kakak beradik ini antara lain, Andy Tielman (lead guitar, vocals), Reggy Tielman (2nd lead guitar, vocals), Ponthon Tielman (double bass, vocals)Loulou Tielman (drums, vocals). Kebiasaan bermusik di keluarga yang kental lah yang membuat Tielman bersaudara ini sangat mahir dalam bermusik, dan menciptakan sound-sound yang aneh pada zamannya. Cerita The Tielman Brothers dimulai ketika di Surabaya 4 bersaudara Tielman kecil sering memainkan lagu-lagu daerah pada tahun 1945. Mereka tampil saat sang Ayah yang berprofesi sebagai komandan tentara KNIL sering mengajak rekan-rekannya berpesta di rumah. Tak disangka ternyata penampilan kakak beradik ini sangat memukau penonton yang hadir dalam pesta itu. Karena yang hadir dalam pesta itu notabenenya adalah pejabat-pejabat maka The Tielman Brother tidak kesulitan untuk tampil di berbagai pagelaran musik. Mereka pernah tampil di Timor-timur bahkan mereka pernah tampil di hadapan presiden Soekarno di Jakarta pada bulan Desember 1949. Saat itu mereka masih membawakan lagu-lagu dari Les Paul, Elvis Presley, Little Richard, Bill Haley, Fats Domino, Chuck Berry and Gene Vincent. Dan mulai saat itu mereka berkonsentrasi untuk memainkan rock n roll yang lebih garang.
Tahun 1957 mereka mendapat kesempatan untuk tour di Belanda, akhirnya The Tielman Brothers memutuskan untuk hijrah ke Belanda mengingat masa depannya akan lebih baik jika berada di negeri kincir angin itu. Penampilan pertama mereka adalah di Hotel De Schuur di Breda, dengan membawakan versi lain dari lagu Bye Bye Love nya The Everly Brothers. Setelah penampilan yang heboh di Belanda, The Tielman Brothers semakin dikenal di seluruh Belanda bahkan mereka sering diundang tampil di Belgia dan Jerman. Pada awal tahun 1960 The Tielman Brothers merilis 4 lagu ciptaan mereka sendiri, lagu itu antara lain My Maria, You're Still The One, Black Eyes, dan Rock Little Baby. Lagu ciptaan mereka ternyata banyak disukai oleh orang-orang Belanda. Orang-orang Belanda sering menyebut aliran musik The Tielman Brothers sebagai aliran Indorock. Orang Belanda menyebut Indorock karena kebanyakan band-band tersebut beranggotakan orang-orang Indonesia. Selain The Tielman Brothers ada juga Band Electric Johnny & his Skyrockets , The Crazy Strangers, The Crazy Rockers dan The Black Dynamites(Los Indonesios). Sayang nampaknya di Indonesia sendiri eksistensi mereka kurang dikenal, orang Indonesia lebih menyukai The Beatles, Jimmy Hendrik, dan Rolling Stones. Padahal sebelum The Beatles terkenal Paul Mc Cartney pernah menonton band-band Indorock dan dia sangat terinspirasi akan musik-musik band indorock. Lalu teknik permainan gitar sang dewa gitar Jimmy Hendrik sebenarnya sudah dimainkan secara apik oleh The Tielman Brothers. Jadi berbanggalah Indonesia pernah memiliki The Tielman Brothers. Untuk lebih jelas tentang Biografinya silahkan link ke http://indorock.pmouse.nl/tielmanbrothers1.htm nih gue kasih lihat video nya.

25 komentar:

Anonim mengatakan...

Eta lagu yang pertama siga lagu "Panon Hideung"nya Ismail Marzuki?. Btw meunang template ti mana?, alus euy!!

mencobamenulis mengatakan...

Betul sekali wa, memang panon hideung ngan sedikit diubah aransement nya. keren nya taun sakitu bisa mawakeun musik nu edan.
template teh urang meunangna teu kahaja pokona di google maneh klik free templete for blog. pilih weh sabebasbebasna.

Unknown mengatakan...

aa.. saia ga sengaja liat blog.nya aa,,ternyata ada The Tielman Brothers.nya..Edann..papah saia aja gtw ada band ituh,,kt papah wkt band itu muncul,papah saia masih TK,,hohow.saia seneng da ada org yg ternyata mengenal The Tielman Brothers.Kirain teh saia ajah yg autis tehh,,hehehe.
Klo The Tielman Brothers taun '60 bawain Panon Hideung,,ga kebayang..Panon Hideung teh eksis taun brp yahh..?
Huaahhh...cinta ahh saia mah sm Tielman Brothers.

Anonim mengatakan...

dimana...dimana.. saya bisa dapet albumnya?

Anonim mengatakan...

Bangga rasanya punya darah Indonesia :-)
Tielman Brothers really ROCKS!!!!!

Aryo mengatakan...

Dari sejarahnya, The Tielman Brothers Mantap sekali yah.. Dimana ni saya bisa mendapatkan albumnya???

Anonim mengatakan...

gila bener nih band....saya pribadi merinding menyaksikan video mereka,ga disangka indonesia punya band seperti ini,indonesia yg dulu dikenal sebagai negara besar yg disegani bangsa lain,pantes bgt punya band seperti ini di jamannya..

Anonim mengatakan...

gila bener nih band....saya pribadi merinding menyaksikan video mereka,ga disangka indonesia punya band seperti ini,indonesia yg dulu dikenal sebagai negara besar yg disegani bangsa lain,pantes bgt punya band seperti ini di jamannya..

nb...lupa kasi nama, -alex uzumaki-

Punda Jazz@u mengatakan...

njriittt urang ge anyar apal mun aya band kos kieu tadi sore urg meunang video na ti babaturan trus googling. anyar nepi ti blog ieu... ai sugan teh urang sunda da mawakeun panon hideung hehehe

btw boga videona WR Soepratman teu nyieun band jazz 1930an Black and White... urang googling dimana2 eweuh eum...

Btw salam kenal kang Ivan..

Bendhotzz...

Anonim mengatakan...

aduuu...

giLe bnR...
ternyata band indonesia hebat jga bsa kya gini...
kpn Lagi indonesia pnya band kya gini...

gym...

Lili Wiliana mengatakan...

Wah...
urang bandung nya?
salam kenal bae atuh kang...

huuh edan euy....
urang arek apal bie eta band, ti babaturan deui nu ngabejaan katanya ada band bagus dari indo yg jadul n minta di postingin di web saya...

sekalian saya ambil buat referensinya ya tulisnnya.. :)
www.lyrics-center.com

Helmi Rizza mengatakan...

saya sangat senang sekali ada penulisan artikel mengenai sejarah group band Tielman Brothers..sebagaimana kita ketahui betapa hebatnya anak negeri kita yang telah berkarya jauh sebelum group-group legendaris dunia ada..
bisa kita bayangkan bagaimana group Beatles sebelum lahir, namun salah satu pentolan group mereka pernah menyaksikan kehebatan bermain musiknya anak-anak Tielman Brothers. begitu juga gaya bergitarnya gitaris legendaris Jimmy Morisson dimana gaya tersebut telah dimainkan oleh Tielman Brother 10 tahun sebelum si Jimmy terkenal.
satu sisi kita sebagai anak bangsa sangatlah bangga dengan kiprah mereka, sisi lain kita amatlah sedih karena kemasyuran mereka dikalahkan oleh pemuatan pemuatan band2 legendaris, bahkan di negeri kita sendiripun kiprah mereka kurang mendapatkan penghargaan.
banyak orang mengira group hebat di indonesia pertama adalah group Koes bersaudara. padahal jauh sebelum mereka ada Tielman Brothers telah berkibar mendunia. bahkan gaya dan model mereka dijadikan panutan.
sekali lagi saya mengucapkan aplaus atas penulisan group Tielman Brothers..

Anonim mengatakan...

keren ni band!!!
Hidup Indonesia!!!
Hidup Tielman Brother!!!
I Love U!!!

Sayang bgt band keren kyk gni kurang dikenal di Indonesia kita yang agak terbelakang ini. ^^

Peace!!!
Salam Rock And Roll !!!

purna mengatakan...

aku taw dari temen theatre bahwa the beatles dulu waktu maggung di jerman untuk pertama kali, ternyata tielman brother uda ngetren d jerman pada saat itu.malah disinyalir tielman menjadi band yang menginspirasi the beatles.kita juga bisa liat betapa dikenangnya tielman brother lewat video clip RHCP yang berjudul dani california, yang diambil dari album stadium arcadium.
disitu bisa kita liat bahwa tielman menjadi ikon tertua belantika musik yang dihormati oleh band sekelas RHCP

mimien's world mengatakan...

baru denger langsung suka lagunya...kalu full albumnya bisa gw dapetin dimana yaah???keren kayaknya nih band...band lokal lagi...ternyata indonesia bisa bersaing juga...

Anonim mengatakan...

bukan Maluku Mas tapi Kupang, NTT

Anonim mengatakan...

Indonesia memang tidak pernah menghargai anak bangsa yg berprestasi.Giliran koruptor aja, dipiara. WE LOVE YOU,TIELMAN BROTHERS...! MERDEKA !

denn rawung mengatakan...

melihat semua ulasan anda, berarti musik rock itu awalnya dari INDONESIA.....HIDUP INDONESIA...!!!!!

denn rawung mengatakan...

BERARTI ROCK N ROLL LAHIR DR INDONESIA DONG.....HIDUP INDONESIA...!!!!!!!

dian handayani mengatakan...

thank's ya buat artikelnya...
semoga permusikan di Indonesia bisa maju...
dan gak ada lagi band2 alay papan atas di Indonesia yg niru2 band luar...
majukan indo rock di Indonesia....

Anonim mengatakan...

bukan dari maluku bro ,, tapi dari kupang NTT

Anonim mengatakan...

gilaaaa..aku banggaa bangettt..baru tau klw ada band indonesia sehebat ini.. bahkan mereka lahir sebelum the beatles.. aq yakin thebeatles teinspirasi oleh tielman brothers..dan band2 lain teinpirasi oleh the beatles,,jadi tielman mbahnya musisi band dunia...hahahhha...aseekkk..
tp sayang kenapa tak begitu d expos sejarah band indorock ini, ohh Indonesia negara ku, atw aku kah yg terlambat mengetahuinya.. hidup Indonesiaa.. aku pasti cerita pada tema2 ku klw band indonesia telah di kagumi sebelum the beatles. ironi sekali klw generasi bangsa ini tdk mengetahui hal penting ini.. ''inspirasi dan idola the beatles adalh band rock asal iIndonesia..hidup ''TIELMAN BROTHERS''

Unknown mengatakan...

wicchhh mpe merinding aku liat vidionyanya.krennnn

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Gue Amie jessar bakal bawa nama Indonesia dan Rock 'n' Roll kembali untuk di jadikan idola dengan cara dan gaya gue sendiri.